Tuesday, May 11, 2010

Belajar Memahami dan Memaknai Hidup

Manusia bukanlah dewa. Itu jelas sekali tergambar dari kehidupan kita. Dan manusia juga bukanlah higlander yang seperti legenda dongeng manusia abadi dar Amrik. Maka, sekaranglah saatnya saya memulai mereposisi diri saya sendiri. Apakah sejauh saya melangkah sudah bermanfaat buat orang lain? Apakah sepanjang desah nafas yang kuhela sering kali menimbulkan luka buat orang lain. Di sini ku merenung tentang arti sebuah kesadaran diri. Saya tidak mau menunggu datangnya teguran dari Tuhan. Tapi, mencoba berinisiatif untuk menyadari posisi diri saya dengan cara mereposisi keadaan diri ini secara utuh.

Ini hanyalah awal dari sekian coretan hidup yang ingin kubagikan, meski mungkin bagi sebagian orang terlalu mellow. No, saya tidak sedang ingin mendramatisir keadaan. Saya tidak sedang bersinetronisasi dengan hidup. Tapi, saya ingin meluruhkan egoisme diri demi kebermaknaan hidup.

0 comments:

Post a Comment